Pages

Wednesday, February 23, 2011

Waltz With Bashir: Propaganda Dalam Film Animasi



Directed : Ari Folman 
Produced : Ari Folman, Serge Lalou, Gerhard Meixner, Yael Nahlieli, & Roman Paul 

Tidak terasa, hampir lima bulan lalu sejak pertama kali menonton film ini. Karena dulu nonton tanpa terjemahan, akhirnya memutuskan menontonnya lagi setelah menyempatkan mengunduh terjemahan bahasa Inggrisnya. Maklum gak tau arti bahasa asli filmnya, soalnya film ini menggunakan bahasa Hebrew, yaitu bahasa Israel. Karena filmnya mempunyai pesan yang sangat bagus, tidak ada salahnya dibawah ini saya kembali coba sharing. Semoga berkenan!

Dibalik sebuah kontroversi dari peta politik sebuah negara zionis Israel. Ternyata menyimpan sebuah film yang bagus. Waltz With bashir adalah sebuah film animasi indah. Dirilis pada tahun 2008, dengan waktu total sekitar 1 jam 25 menit, film ini menjadi sebuah terobosan untuk menyampaikan salam perdamaian ke seluruh dunia.

Konsep dan Cerita

Film ini diceritakan dari pengalaman sutradaranya sendiri, Ari Folman, yang pernah menjadi tentara Israel pada masa perang Lebanon tahun 1982. Dengan konsep autobiografi dokumenter, film ini banyak melatar belakangi banyak kejadian perang pada masa itu, salah satunya malam sebelum pembantaian Sabra dan Shatila. Seorang Ari Folman, yang ingin mengingat kembali masa lalunya, pada keseluruhan adegan dibuka dengan wawancara Ari folman kepada teman-temannya, yang kemudian mulai masuk ke flashback cerita tersebut. Sekitar ada delapan orang yang di wawancara, masing-masing cerita mempunyai kekuatan cerita dan pesan tersendiri yang kuat. Banyak adegan dramatis yang cenderung dikemas secara surealis. Singkatnya, secara langsung dapat membuat kita tahu bagaimana tentara Israel pada masa itu, sewaktu menyikapi pemerintahan mereka sendiri, cara mereka berpatroli di garis perbatasan, hingga suasana pertempuran di garis depan. Hampir semua cerita dibumbui pesan satir, pesan kritis, provokatif, dan penuh propaganda.

Teknologi Animasi

Yang paling menarik dari film ini adalah teknik animasi yang digunakan. Mungkin termasuk salah satu film dokumenter yang seluruhnya menggunakan animasi dalam filmnya. Animasi di film ini biasa disebut rotoscoping, yaitu penggambaran ulang diatas gambar rekaman asli. Dalam desain grafis disebut trace atau tracing, sehingga gambar asli yang berupa bitmap di konversi menjadi vector. Untuk menggerakannya biasanya menggunakan animasi per-frame yang dikombinasi dengan software seperti Adobe Flash hingga teknologi tiga dimensi.

Dalam satu scene gambar, terdiri dari ribuan potongan layer, dan digabungkan sedemikian rupa sehingga menghasilkan ilusi gerak seperti film animasi lainnya. Dalam produksinya, pertama kali diambil rekaman dubbing suaranya, yang kemudian ditulis ulang ke story board, dari sana sekitar 2300 ilustrasi awal dibentuk, dan kemudian digerakkan dengan teknik rotoscoping yang sudah dijelaskan sebelumnya diatas. Sehingga pengerjaan membutuhkan waktu yang sangat panjang, oleh karena itu tidak perlu terkejut jika film ini baru selesai setelah empat tahun pengerjaan.

Kontroversi

Karena ceritanya yang provokatif, apalagi di scene akhir menampilkan rekaman video tentang kekerasan setelah pembantaian Sabra dan Shatila secara vulgar. Sehingga film ini dilarang banyak negara di timur tengah. Tetapi komunitas blogger di Lebanon melawannya, dan mempertonton secara tertutup kepada sekitar 90 orang kritikus film disana. Sejak itu, film versi bajakan pun banyak beredar disana, sehingga masyarakat pun semua dapat melihatnya.

Bagi saya pribadi, Waltz With Bashir merupakan film yang luar biasa, teknologi animasi yang indah dikemas dengan cerita yang realistik. Memberikan informasi tentang keadaan latar belakang peperangan di Lebanon dengan cukup baik. Dan yang penting, perdamaian menjadi satu pesan yang kuat diakhir cerita. Ternyata film ini sudah meraih lebih dari 25 penghargaan film, dan berhasil masuk nominasi di hampir 100 penghargaan di seluruh dunia, sudah cukup jadi bukti kalau film ini layak untuk ditonton.

Dibawah ini merupakan trailernya, selamat menikmati! :D



Link Website : www.waltzwithbashir.com
Link Official Kaskus : Waltz With Bashir: Propaganda Dalam Film Animasi

1 comment: