Pages

Monday, December 6, 2010

Badges Foursquare Timnas Sepak Bola Indonesia


Dalam rangka dalam ikut memeriahi kebangkitan timnas Indonesia di ajang AFF 2010, ada baiknya saya ikut berpartisipasi menyemarakkan euforia kemenangan bagi timnas kita, yang sudah ditunggu sejak lama. Tetap dalam ruang lingkup badge foursquare, semoga dapat memberikan inspirasi, semangat, dan kebanggaan tersendiri bagi para maniak foursquare di seluruh Indonesia.

Dukung selalu timnas kesayangan kita, dengan memakainya sebagai avatar foursquare besok. Berhubung pertarungan besok dijamin seru dan tegang, karena bertemu musuh bebuyutan, kita yaitu : Thailand. Lagi pula nomor yang disertakan diatas adalah nomor Irfan Bachdim, bintang baru yang sedang naik daun, dan sedang digila-gilai para wanita seluruh pelosok tanah air ibu pertiwi.

Dan juga pantau selalu blog ini, karena dalam minggu-minggu ini akan keluar 9 buah badges lagi, "Badges Foursquare Rasa Nasionalisme Bagian-2". Kapan lagi dapat melihat badges bergambar Candi Borobudur, Monas, Patung Selamat Datang, Wayang, hingga Burung Garuda Pancasila. Tetap sehat dan semangat! Salam Olahraga! \m/

6 comments:

  1. Halo, Ferico666 (maaf saya nggak tahu nama asli kamu). Saya melihat kamu RT tweet rockerkecil (http://twitter.com/rockerkecil/status/11457737162493952).

    Saya ingin menjawab: maaf kalau saya membuat kalian marah. Saya sama sekali tidak bermaksud menyinggung perasaan para Jumper Indonesia. Tapi saya sedih sekali melihat reputasi Indonesia jadi rusak. Sekarang di mata pengguna Foursquare lainnya Indonesia terkenal sebagai bangsa yang tidak mengerti cara memakai social-networking service dengan benar. Sekarang mereka bahkan punya ide untuk mendiskriminasi setiap pengguna Indonesia (dengan melakukan pemisahan). Saya hanya ingin memperbaiki image kita sebagai orang yang jujur.

    Selain itu, Foursquare (sebagai bisnis) jadi rugi dengan adanya cheater/jumper. Karena badge yang tadinya seharusnya memotivasi orang untuk datang ke sebuah venue kehilangan nilai dan orang jadi malah pake Foursquare. Selama ini Foursquare penghasilannya dari kerjasama dengan perusahaan yang bekerjasama untuk badge-badge tersebut. Penghasilan itu untuk biaya operasional. Kalau perusahaan-perusahaan tersebut jadi malas untuk bekerjasama dengan Foursquare, Foursquare bisa bangkrut. Bisa tutup dan kita malah nggak punya apa-apa lagi.

    Saya ingin mengklarifikasi satu hal: Saya tidak pernah "mengadukan para jumper" (mengadukan pengguna secara individual). Yang saya lakukan adalah menunjukkan bagaimana Foursquare disalahgunakan (melalui loophole).

    Saya sedih sekali melihat image Indonesia yang rusak karena kita semua dianggap suka curang. Saya minta maaf kalau kalian tersinggung. Saya harap kamu dan temen-temen jumper mau peduli dengan reputasi Indonesia.

    Makasih, ya...

    ReplyDelete
  2. mia,
    sebelumnya terima kasih banged udah sharing, nama saya dino, kebetulan saya salah satu pendiri Indo Jumper Unite..

    kita tahu kok kalo badge2 itu hasil dari sponsor foursquare, dan hal inipun pernah kita bahas dengan pihak foursquare headquarter, dan sampai saat ini pihak foursquare headquarter tidak pernah menyampaikan keberatannya secara langsung mengenai apa yang kita lakukan. Kalo bole jujur, tanpa list cheater, mereka sendiri sudah tau siapa ajah jumper. Hal ini pernah disampaikan oleh salah satu petinggi 4sq ke saya langsung. Kalo mereka merasa rugi, sudah dari awal saya dan sebagian besar temen2 di Indo Jumper Unite diflag atau dibanned dari foursquare. FYI, di milis kita, salah satu petinggi foursquare bergabung, dan kita welcome dengan kehadiran dia di milis kita.

    Sebenarnya foursquare sendiri tidak rugi, krn dari banyaknya badge yang keunlock, mereka bisa memberikan data kepada sponsor mereka berapa hitsnya, itulah mengapa fungsi Jumper dibutuhkan oleh mereka. Salah satu contoh badge yang paling susah diunlock oleh user biasa adalah sixflag, tapi dgn adanya jumper, hits sixflag jadi terbantu. Apakah Mia tau pengguna foursquare dari Indonesia sudah mencapai 2 juta user? Dan para user baru, tertarik karena penasaran utk dapet badge.

    Kita sendiri juga berusaha tidak "merusak", misalnya dengan membuat venue asal2an ataupun mengotori kolom tips di venue ataupun merebut mayorship dari orang yang semestinya. Walaupun kita juga susah mengatur sekian banyak orang, krn ternyata hal2 tersebut diatas dilakukan oleh para Jumper yang tidak tergabung di Indo Jumper Unite.

    Kita hanya menyayangkan kenapa Mia tidak berusaha berkomunikasi dulu dengan kita, kita bisa kasi argumen mengenai apa yang kita lakukan, sekali lagi, pihak foursquare pun kita berani beradu pendapat dengan apa yang kita lakukan. Awal2 Jumper pun kita sudah sering dipojokkan oleh Super User yang dari Indonesia, tapi kita tetap jalan terus. Apa yang Mia lakukan saya yakin tidak akan membuat para Jumper berhenti, kecuali sudah ada statement resmi dari foursquare bahwa Jumper dilarang (jika itu terjadi, walau saya tidak yakin, foursquare akan kehilangan banyak sekali user).

    Saya berani beragumen ini karena posisi Jumper walau sering dicela tapi tetap dibutuhkan. Epic Swarm Badge pertama kali pecah di Indonesia, disitulah kita bisa membuktikan ke negara lain, bahwa solidaritas anak2 Indonesia sangat tinggi, yang gak semua negara lain bisa bikin.

    Mungkin Mia juga bisa cek temen2 di Indonesia yang udah lama main foursquare, apakah mereka tetap bermain foursquare sampai skrg tanpa mengejar badge, beberapa teman saya sudah tidak main foursquare karena mereka merasa udah gak seru (lebih baik menggunakan twitter), kalopun mereka tetap bermain, mereka jadi Jumper.

    Kita open utk berdiskusi kok Mia, mungkin bisa mention twitter saya @dinoraturandang, nanti kita bisa ngobrol secara terbuka

    Intinya Jumper itu adalah cara bermain kita utk aplikasi foursquare, dan cara itupun disediakan oleh foursquare (aplikasi foursquare mobile), jadi harapan kita alangkah lebih baik sesama anak bangsa Indonesia tidak saling menjatuhkan

    GBU

    ReplyDelete
  3. Thanks buat Mia yang udah konfirmasi langsung via blog saya ini. :D

    Thanks juga buat om Dino yang sudah menjelaskan panjang lebar diatas. Secara garis besar saya sangat setuju dengan pendapat dan penjelasan om Dino.

    ReplyDelete
  4. Berikut tambahan pendapat dari beberapa teman-teman di milis, yang kiranya cukup penting untuk diketahui...

    Doddy Prasetya (doddyprasetya@gmail.com)
    "Karena badge yang tadinya seharusnya memotivasi orang untuk datang ke sebuah venue kehilangan nilai dan orang jadi malah pake Foursquare." (kutipan dari Mia diatas). Dari sudut pandang saia, pada saat suatu brand / perusahaan mempromosikan dirinya di media tertentu, ini bukan hanya masalah selling doang. Banyak faktor maupun tujuan yg berusaha disampaikan dari adanya promosi tersebut. Mungkin banyak orang menganggap bahwa selling itu segala-galanya, tapi Brand Awareness juga nggak kalah penting (menurut saya). Dengan adanya brand awareness penjualan pasti terdongkrak juga kok, itu sudah merupakan hubungan yg bergerak secara berkesinambungan (menurut research yg saya lakukan beberapa tahun lalu). Afaik, dengan adanya jumper, sudah ostosmastis mendongkrak popularitas foursquare dan brand yang mempromosikan dirinya di media ini, ga usah khawatir foursquare tutup or blablabla (toh lo juga ga ikutan invest disitu ngributin aja). Kalo mo ngomong masalah value, value apa yang ditekankan disini karena value itu macem².. *bongkar² buku ekonomi..

    Abu Marlo @abumarlo
    Berbicara 4sq rugi kalo ada jumper.. Mungkin harus diliat dari segi BUZZ marketing yang kita lakukan secara GRATIS !! kita (jumper) telah menjadi advocate consumer bagi 4sq dimana dengan sukarela justru kita mempromosikan 4sq kepada dunia via twitter. Berapa ratus ribu mention @foursquare yang keluar dari jumper ?? Berapa ratus ribu pula orang yang baca ?? (bahkan jutaan) dan impactnya bagi pembaca twit tersebut, berapa ratus/ribu/juta orang yang jadi tau keberadaan foursquare. IMHO we doing white crime.. Have fun aja lah.. N keep rockin tentunya !!

    Ini satu lagi, link dari CNN :
    http://www.cnnasiapacific.com/press/en/content/628/

    Thanks! :D

    ReplyDelete
  5. Buat mia, saya rasa saya ga akan panjang lebar, karena kita ud bahas sebelumnya di email masalah jumper.
    saya cuma mao kasi fakta soal kata teman2 IJU diatas bahwa jumper juga secara tidak langsung mendukung promosi..
    contohnya pada Badge (RED) dalam rangka Hari Aids..kata #Turnred sempat jadi trending topic..
    bukankah dari situ pemakai twitter yang lain jadi tau apa itu (RED) day...ini adalah promosi secara tidak langsung...

    ReplyDelete
  6. Teruntuk Mia Malik,...
    Selamat,..Anda sebentar lagi dipromosikan menjadi SUPER USER Foursquare.
    Anda adalah pahlawan bagi foursquare, atas kontribusi Anda dari bulan Januari di forum Getsatisfaction (GS). Usaha Anda tidak sia-sia.
    Anda telah berhasil membawa, melaporkan nama jumper Indonesia demi gelar terhormat SU.
    Mudah2an amal & kebaikan anda diterima disisi-Nya
    Amin.

    ReplyDelete